KONSULTASI PUBLIK PROGRAM HIBAH JALAN DAERAH (PHJD ) KABUPATEN TANA T.A 2021

Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) adalah pemberian hibah dari Pemerintah kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten yang bersumber dari APBN Rupiah murni. PHJD sebagai suatu upaya percepatan target kondisi jalan mantap di KSN. PHJD dimaksudkan juga sebagai insentif kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten untuk dapat melaksanakan peran dan tanggung jawabnya dalam penyelenggaraan penyediaan pelayanan sektor jalan kepada masyarakat.

Pelaksanaan Konsultasi Publik merupakan suatu kegiatan yang diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan kegiiatan PHJD dan pekerjaan jalan lainnya di Kabupaten Tana Toraja, sehingga diharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam rangka pembangunan jalan jalan di daerah.

Dalam pelaksanaan konsulutasi publik ini juga menghadirkan semua unsur masyarakat mulai dari toko masyarakat setempat, toko agama, perwakilan toko perempuan dan juga camat/lurah diminta untuk menghadirkan penyandang disabilitas dalam rangka terwujudnya pelaksanaan Aksi GESI dan peran masyarakat dalam pelaksanaan pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Tana Toraja.

Konsultasi Publik kegiatan Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) tahun 2021  yang berlangsung di Aula Dinas Perhubungan kabupaten Tana Toraja,Sabtu (17/7/2021). Konsultasi Publik tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Tana Toraja, Semuel T Bura, Asisten II Setda Tana Toraja, Haris Paridi, Sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Tana Toraja, Camat, Lurah dan Kepala Lembang. Juga hadir dalam diskusi Publik itu, perwakilan Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) kabupaten Tana Toraja, Kelompok Masyarakat(termasuk perempuan dan disabilitas).

“Pemaparan Materi oleh Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Tana Toraja”

Pelaksanaan PHJD tahun 2021 dilaksanakan dalam dua paket pekerjaan yaitu Botang Lapandan Cs, yang meliputi ruas Ruas Botang – Lapandan, Ruas Ba’ru – Manggau, Ruas Kendenan – Palangka, Ruas Palangka – Surruk, Ruas Paku – Pangleon, Ruas Makale – Sapandeata, Ruas Kia’tang – Batupapan, Ruas Lapandan – Tarongko,  Ruas Makale – Kondoran, dan ruas Tetebassi – Kondoran, Cs yang meliputi Ruas Tetebassi – Kondoran, Ruas Kondoran – Makula, Ruas Kalimbuang – Tilangnga’, Ruas Lemo – Rorre, Ruas Rantelemo – Tilangnga’, dan Ruas Kia’tang – Kalimbuang. Jenis pelaksanaan pekerjaan untuk masing-masing ruas tersebut ditentukan berdasarkan jenis penganan yang dibutuhkan yaitu Pemeliharaan Rutin, Backlock and Minor Work, Pemeliharaan Berkala dan Rehabilitasi.

Selain Paket PHJD, untuk pembangunan infrastruktur jalan di Kabupaten Tana Toraja  terdapat juga Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan – DAK Ruas Durian – Patappo, Paket  Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan – DAK Ruas Rembon – Tapparan.

“Pemaparan Materi tentang Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan Dana Alokasi Khusus (DAK)”

Keterlibatan perempuan dan penyandang disabilitas serta perlindungan anak dibahas dalam AKSI GESI yang diharapkan agar perempuan dan dan penyandang disabilitas mendapatkan hak untuk berperan aktif dalam kegiatan pembangunan infrastruktur jalan.

Saran dalam Konsultasi Publik ini adalah sebagai berikut:

  • Sosialisai kepada masyarakat perlu diadakan sebelum pelaksanaan pekerjaan agar masyarakat setempat dapat ikut berperan aktif dalam pelaksanaan
  • Koordinasi antar instansi yang terlinat PHJD perlu ditingkatkan dalam setiap pelakasaan kegiatan.
  • Keterlibatan masyarakat perlu diakomodir mulai dari perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan Infrastruktur jalan agar hasil pekerjaan lebih maksimal.
  • Saran dan masukan dari masyarakat agar perlu dipertimbangkan untuk kelancaran kegiatan.
  • Kontraktor perlu memperhatikan keterlibatan masyarakat serta keterlibatan perempuan dan kaum disabilitas dalam pelaksanaan pekerjaan.

Jumlah peserta konsultasi publik yaitu 67 orang,terdiri dari peserta perempuan  12 orang, peserta laki-laki 55 orang, peserta disabilitas  0 orang atau peserta perempuan  18 %, peserta laki-laki  82 %, peserta disabilitas  0 %.

“Peserta Konsultasi Publik PHJD Kabupaten Tana Toraja T.A 2021”

One thought on “KONSULTASI PUBLIK PROGRAM HIBAH JALAN DAERAH (PHJD ) KABUPATEN TANA T.A 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *