PELAKSANAAN SURVEY KONDISI JALAN Provincial Kabupaten Road Management System (P/KRMS) PROGRAM HIBAH NASIONAL JALAN DAERAH PEMERINTAH KABUPATEN TANA TORAJA UNTUK USULAN PROGRAM BINA MARGA TAHUN ANGGARAN 2021

A. LATAR BELAKANG PKRMS

PKRMS dikembangkan sebagai alat bantu dalam PPP. Pada awalnya PKRMS dibuat khusus untuk keperluan PRIM yang diterapkan untuk proyek uji coba PRIM di Provinsi Nusa Tenggara Barat.  Pasca desentralisasi (2001), Pemerintah Daerah mengambil alih tanggung jawab pembangunan dan pemeliharaan jalan provinsi dan kabupaten. Pemeliharaan jalan didukung dengan beberapa perangkat lunak manajemen jalan, termasuk IRMS dari DJBM. Namun, sistem tersebut masih cukup kompleks untuk diterapkan di tingkat provinsi. Pada tingkat kabupaten terdapat sistem SK-77 yaitu sistem perencanaan manual yang dikembangkan pada tahun tahun 90-an. Penggantian sistem perencanaan yang lebih modern telah dinanti selama bertahun-tahun. Sistem-sistem alternatif lainnya pernah dikembangkan hingga tahap percontohan, namun sistem-sistem tersebut memiliki keterbatasan kemampuan analisis.

Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi terkait, tantangan-tantangan serta kebutuhan di tingkat propinsi, Provincial Road Management System (PRMS) mulai dikembangkan sejak tahun 2014. Pada awalnya, PRMS dikembangkan sebagain proyek percontohan untuk memperkuat PPP pada jalan Provinsi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada tahun 2017 PRMS dimodifikasi untuk mendukung PPP jalan pada tingkat kabupaten Lombok Barat dan diberi nama Kabupaten Road Management System (KRMS).

Pada tahun 2018, kedua sistem, PRMS dan KRMS, digabung menjadi satu sistem yang bisa digunakan mendukung perencanaan, pemrograman, dan penganggaran jalan provinsi dan jalan kabupaten dan diberi nama Provincial and Kabupaten Road Management System (PKRMS). PKRMS dapat mendukung kegiatan manajemen jalan menjadi lebih efektif dan efisien melalui proses PPP yang didasari kondisi jalan aktual dan pertimbangan yang lebih rasional.

B. DESKRIPSI PKRMS

PKRMS adalah alat bantu yang didesain khusus untuk keperluan Perencanaan, Pemrograman dan Penganggaran yang dapat digunakan di tingkat Propinsi atau Kabupaten. Perhitungan analisis pada PKRMS menggunakan kombinasi kuantitas aturan untuk pemeliharaan rutin dan perhitungan kebutuhan jalan sederhana untuk pekerjaan pemeliharaan jalan.

PKRMS merupakan sumber database utama untuk keperluan perencanaan yg menampung data kondisi, inventaris, data proyek, data histori dan peta.  Alat bantu ini diberikan untuk menjadi milik provinsi atau kabupaten untuk digunakan sebagi alat bantu perencanaan utama.

Gambar 1 menunjukkan tampilan menu utama PKRMS. Menu utama terdiri atas Administrasi, Pengaturan Jaringan, Jalan, Struktur, Lalu Lintas, Harga Satuan, Analisis dan Pemrograman, Proyek Jalan, Laporan, Peta dan Pengaturan Lain. Contoh hasil pemrograman dari PKRMS ditunjukan oleh Gambar 2. Gambar 3 menunjukan contoh penyajian stripmap yang dihasilkan oleh PKRMS.

Gambar 1. Jendela Utama PKRMS
Gambar 2. Contoh output pemograman dengan PKRMS

C. PELAKSANAAN P/KRMS

Survey kondisi jalan dengan P/KRMS dilaksanakan oleh tim survey dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tana Toraja. Adapun ruas jalan provinsi yang dilaksanakan survey P/KRMS merupakan merupakan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Survey PKRMS

Sumber : Dinas PUPR Kab.Tana Toraja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *